Ukuran Lapangan Bola Voli dan Gambarnya

Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang. Lapangan ini biasanya terbuat dari tegel, rumput, atau karpet dan dibatasi oleh net untuk membedakan daerah lawan. Ukuran lapangan adalah sama, baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Lebih jelasnya, lihatlah gambar lapangan voli dan ukurannya berikut ini.

Gambar lapangan bola voli dan ukurannya
Gambar lapangan bola voli dan ukurannya

Keterangan ukuran lapangan voli diatas adalah:

  1. Panjang lapangan : 18 meter
  2. Lebar lapangan : 9 meter
  3. Ukuran lebar garis serang : 3 meter
  4. Lebar garis lapangan = 5 sentimeter.

Ukuran Net Bola Voli

Net terbuat dari bahan yang telah disetujui.
Ukuran panjang net = 9,50 meter.
Lebar net = 1 meter.
Mata net : 10 cm.
Tinggi net putra = 2,43 meter.
Tinggi net putri = 2,24 meter.

Ukuran Bola dalam Permainan Voli

Bola untuk permainan bola voli memiliki ketentuan sebagai berikut.
Ukuran keliling bola = 63,5-68,6 sentimeter.
Berat bola = 800-900 gram.
Bola dibuat dari bahan kulit atau bahan yang biasa digunakan untuk membuat bola voli.

Sejarah Singkat Permainan Bola Voli

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Ia adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada YMCA (Young Man Christian Association) di kota Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Sebelumnya, permainan bola voli bernama minonette.

Permainan bola voli merupakan pengembangan dari permainan bola basket. Namun, bola basket dianggap menghabiskan tenaga yang cukup besar. Selain itu, permainan bola basket hanya dapat dilakukan oleh para pemuda saja. Sementara itu, bagi orang tua permainan bola basket tersebut sangat melelahkan.

Suatu saat, Morgan mencoba menciptakan sebuah permainan yang lebih ringan. Misalnya, dengan menggunakan bola yang ukurannya lebih kecil daripada ukuran bola basket. Akhirnya, ia pun menemukan permainan tersebut, kemudian dinamakan mintonette, artinya bola pantul. Tahun 1896 nama mintonette diganti oleh Alfred T. Halstead dengan nama volley ball yang artinya melambungkan bola. Setelah diujicobakan, permainan tersebut ternyata sangat digemari masyarakat.

Pada tahun 1892 YMCA berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli di negara Amerika Serikat. Pertandingan bola voli yang pertama tahun 1947 di Polandia.

Tujuan permainan ini adalah untuk kesegaran jasmani secara massal.

Ketika Perang Dunia I, tentara sekutu menyebarluaskan permainan ini ke negara-negara Eropa dan Asia, terutama Jepang, Cina, India, Filipina, Prancis, Portugis, Rusia, Estonia, Latvia, Cheska, Rumania, Yugoslavia, dan Jerman.

Pada tahun 1948, didirikan IVBF (International Volley Ball Federation) yang beranggotakan 15 negara.

Masuknya Permainan Bola Voli di Indonesia

Bola voli masuk ke Indonesia dibawa oleh orangĀ­-orang Belanda. Pada waktu itu Indonesia masih menjadi wilayah jajahan Belanda. Bola voli masa penjajahan Belanda hanya untuk para pelajar. Baru setelah masa pendudukan Jepang, permainan bola voli mulai berkembang karena tentara Jepang sering bermain bola voli. Akhirnya, masyarakat mulai bermain bola voli.

Pada tahun 1951, diselenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta. Saat itu permainan bola voli mulai dipertandingkan sehingga permainan bola voli menjadi lebih populer. Akhirnya, pada tahun 1955 dibentuk organisasi bola voli seluruh Indonesia yang disebut PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Baca juga: Ukuran Lapangan Sepak Bola & Gambarnya

Related Post to Ukuran Lapangan Bola Voli dan Gambarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *